MacBook Unibody dan MacBook Pro 13

macbookpro

MacBook Pro 13 sudah memasuki pasar Indonesia. Mungkin banyak yang bertanya-tanya dengan manuver Apple pada MacBook Unibody yang ‘naik kelas’ menjadi MacBook Pro ini: Apa saja bedanya?

Sebelumnya, saya pernah membahas MacBook Unibody, dan juga jajaran MacBook Pro 2009. Namun mungkin pembahasannya masih secara umum. Dan mari kita bandingkan langsung kedua varian ini.

Secara fisik, keduanya mirip. Cangkang dibuat dari satu balok alumunium (unibody aluminum enclosure). Hanya berbeda tipis saja. Untuk spesifikasi teknis, secara umum masih sama saja, mungkin hanya perbedaan kecepatan prosesor dan jumlah RAM standar. Pengolah grafis pun masih sama.

Selain spesifikasi yang dapat ditingkatkan (upgradeable) yakni RAM dan harddisk. Apa lagi perbedaannya? tentu saja selain tambahan 3 huruf “Pro”. Yang paling mencolok adalah port FireWire 800. Bisa dibilang, port FireWire adalah standar wajib untuk Mac kelas Pro. Tenaga yang cukup kuat juga yang menjadikan MacBook Unibody ini naik kelas. Sialnya, MacBook Unibody tidak dilengkapi satupun port Firewire — MacBook plastik putih dan hitam sebelumnya masih memiliki port Firewire 400.

Ketersediaan SD slot juga membedakan MacBook Pro 13 dengan MacBook Unibody. Namun keberadaan slot kartu SD ini juga membuat MacBook Pro 13 tidak memiliki port audio input tersendiri. Alasannya adalah, para pengguna profesional selalu mempercayakan solusi audio kepada pihak ketiga — eksternal melalui USB ataupun Firewire. Namun bukan berarti MacBook Pro 13 tidak memiliki port audio input. MacBook Pro 13 memiliki satu port untuk audio, bisa digunakan untuk masukan maupun keluaran, tapi hanya salah satu dalam satu saat. Sementara MacBook Unibody memiliki dua port audio, masing-masing satu untuk masukan dan keluaran.

Hal lain lagi adalah batere. Untuk membuat MacBook Pro mejadi lebih tipis, Apple menerapkan batere yang terintegrasi seperti pada MacBook Pro Unibody 17 inci. Apple mengklaim kemampuan yang lebih baik daripada teknologi batere sebelumnya — tahan hingga 1000 siklus. Sementara MacBook Unibody masih menggunakan sistem batere yang dapat dilepas-pasang secara mudah oleh pengguna — pengguna dapat mengganti batere sendiri tanpa bantuan pihak Apple.

Hal kecil lainnya adalah keyboard yang beriluminasi (bercahaya). Illuminated keyboard adalah fitur standar untuk MacBook Pro, sehingga MacBook Pro 13 pun dilengkapi dengan fitur ini. Sementara untuk MacBook Unibody, fitur ini hanya tersedia untuk varian dengan prosesor tercepat. Sementara MacBook Unibody dengan prosesor yang lebih lambat (2.0 GHz) tidak memiliki fitur ini.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.